12 Komponen Serta Fungsi Alternator Mobil,, Simak Disini !!

Posted on

12 Komponen Serta Fungsi Alternator Mobil,, Simak Disini !!

Komponen Alternator Mobil – Nah apa kalian sudah mengetahui apa itu alterntor beserta fungsinya, yang dimana bagian-bagian tersebut saling berinteraksi sampai sebuah alternator bisa menghasilkan sebuah arus listrik DC ?? Nah apabila kalian belum, bisa cek diulasan dibawah ini karena kita akan membahas 12 komponen pada alternator mobil,, kalau begitu simak pemaparan selengkapnya di bawah ini.

Komponen Alternator Mobil Serta Fungsinya

Dinamo alternator pada dasarnya mempunyai komponen yang tidak jauh beda dengan generator penghasil arus listrik pada umumnya, namun karena ukuran alternator disesuaikan lebih kecil, maka komponennya pun ada sedikit perbedaan.

Rotor Coil

Rotor coil ialah kumparan berputar yang memiliki fungsi untuk menyediakan medan magnet didalam alternator, kita tahu kalau prinsip kerja alternator itu dengan memanfaatkan perpotongan garis gaya magnet untuk menghasilkan aliran listrik.

Untuk mendapatkan perpotongan gaya magnet tersebut, maka harus ada medan magnet yang dibangkitkan terlebih dahulu, pada pengisian sepeda motor, rotor sudah menggunakan permanen magnet sehingga perlu dibangkitkan lagi medan magnetnya.

Tapi pada alternator mobil, rotor terbuat dari kumparan yang bisa mengeluarkan medan magnet hanya apabila dialiri arus listrik. Dari mana arus listrik berasal ?? Tentu dari aki, sehingga tanpa aki mobil tidak bisa dihidupkan. Rotor ini terhubung ke poros alternator, sehingga saat poros berputar rotor juga berputar dan medan magnet akan bergerak-gerak.

Stator Coil

Stator coil ialah kumparan statis yang berfungsi menangkap perpotongan medan magnet. Seperti yang dijelaskan diatas, untuk menghasilkan aliran listrik maka medan magnet harus berpotongan dengan kumparan. Nantinya pada kumparan statis tersebut akan timbul aliran listrik dengan tegangan dan arah tertentu.

Lokasi stator ada dibagian luar rotor coil, jadi ada jarak beberapa milimeter antara permukaan rotor dengan permukaan stator. Karena jaraknya cukup kecil maka medan magnet dari stator akan menyentuh kumparan stator, sehingga begitu rotor diputar, medan magnet tersebut akan berpotongan dengan stator coil.

Alternator Shaft

Poros alternator berfungsi sebagai penghubung antara bagian pulley dengan rotor, sehingga putaran dari pulley alternator bisa tersambung ke rotor dan rotor dapat berputar.

Brush

Brush atau sikat ialah komponen tembaga berbentuk kotak kecil, yang digunakan untuk menghubungkan arus listrik ke rotor coil. Kita tahu kalau rotor itu perlu arus listrik untuk membangkitkan kemagnetan namun rotor ini juga berputar. Jadi arus listrik tidak bisa disambungkan begitu saja menggunakan kabel.

Jalan keluarnya, dengan memanfaatkan dua buah brush yang menekan slip ring. Slip ring sendiri merupakan bagian pada ujung poros alternator yang terhubung ke dua ujung kumparan rotor, sehingga saat brush ini menempel pada slip ring maka arus listrik akan tersalur ke rotor.

Pulley

Pulley berfungsi untuk menerima putaran input dari mesin, secara teknik pulley memang di puatar oleh drive belt namun drive belt ini melilit ke pulley crankshaft , sehingga begitu pulley crankshaft berputar maka pulley alternator pun ikut berputar.

Apakah RPM pulley alternator sama dengan pulley crankshaft ?? sepertinya tidak demikian meski terletak pada satu lilitan drive belt namun diameter pulley alternator umumnya lebih kecil, sehingga RPM alternator bisa lebih cepat dibandingkan RPM crankshaft.

Bearing

Bearing berfungsi sebagai bantalan yang akan melapisi poros alternator dengan frame alternator, sebetulnya bukan hanya pada alternator semua mekanisme putaran pada sistem apapun wajib memiliki bearing, tanpa bearing maka putaran poros bisa lebih kasar dan berat. Pada alternator ummnya ada dua buah bearing yang diletakan dibagian frame depan dan frame belakang.

Alternator Fan

Kalau kalian melihat bagian depan rotor coil, kalian akan melihat sirip-sirip kipas, fungsi kipas ini ialah untuk mendinginkan kumparan baik stator dan rotor saat bekerja. Kipas ini diperlukan untuk mencegah alternator overheat, karena panas berlebih didalam alternator akan mengganggu proses pengisian arus listrik secara keseluruhan.

Rectifier/Dioda

Rectifier atau rangkaian dioda ialah komponen untuk mengubah arus AC menjadi DC. Rectifier diperlukan karena arus output dari stator coil, masih bersifar AC atau bolak balik, sementara kelistrikan mobil menggunakan DC.

Sehingga diperlukan rangkaian dioda untuk mengubah arus AC ke DC, cara pengubahan ini murni tugas dari dioda dimana dioda dapat memblok aliran arus dari salah satu arah, sehingga saat arus AC dialirkan ke dioda maka hanya satu arah saja yang dapat lewat, sehingga arusnya menjadi searah/DC.

IC Regulator

IC regulator ialah komponen untuk mengatur besar tegangan yang dihasilkan oleh stator agar tidak melebihi batas 14 Volt, regulator terletak setelah rectifier, artinya arus DC yang diatur pada regulator ini. Kelistrikan mobil bekerja pada tegangan 12 Volt namun saat pengisian berlangsung tegangan yang diizinkan maksimal 14 Volt, jadi apabila lebih dari 14 Volt maka berpotensi merusak komponen kelistrikan mobil.

IC regulator akan mencegah hal tersebut, namun rangkaian IC regulator terbilang rumit karena menggunakan beberapa komponen elektronika seperti transistor, meski demikian bentuk dari IC regulator ini cukup kecil dibandingkan regulator konvensional, sehingga IC regulator bisa diletakan didalam alternator. Namun pada sistem pengisian konvensional dimana regulator yang digunakan masih tipe point/konvensional maka tidak ada IC regulator didalam alternator.

Alternator Socket

Socket alternator pada sistem pengisian IC, umumnya sangat simpel karena hanya terdiri dari dua buah terminal, nantinya dua terminal ini akan terhubung ke brush untuk urusan pembangkitan medan magnet pada rotor coil.

Battery Connector

Battery connector ialah baut yang dijadikan sebagai terminal output arus pengisian. Pada terminal inilah arus ouput pengisian siap untuk digunakan, jadi baut ini akan dihubungkan ke kabel positif aki agar dapat digunakan untuk kelistrikan mobil serta mengisi daya aki.

Alternator Housing

Rumah alternator ialah frame atau housing yang berfungsi sebagai pelindung semua komponen-komponen alternator, secara umum ada dua buah frame yang digunakan yakni front frame dan end frame, keduanya memiliki fungsi yang sama yakni melindungi bagian-bagian alternator.

Demikianlah pembahasan mengenai 12 Komponen Serta Fungsi Alternator Mobil,, Simak Disini !! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

12 Komponen Serta Fungsi Alternator Mobil,, Simak Disini !!
5 (100%) 1 vote